Minggu, 14 Desember 2008

KURMA : ANUGERAH DAN RAHASIA

Kurma termasuk pohon yang berbatang tinggi. Ia adalah pohon yang baik seperti kalimat yang baik. Akarnya kuat dan cabangnya menjulang ke langit. Kurma adalah makanan pertama setelah susu ibu yang masuk ke dalam perut bayi dalam akikah. Kurma adalah makanan pertama bagi orang yang berpuasa saat ifthar dan sebaik-baik makanan baginya saat sahur. Dan kurma adalah pohon yang Allah Swt memerintahkan sayyidah Maryam untuk menggoyangnya, agar dia dapat makan dengan nikmat. Tidakkah semua itu menunjukkan dengan jelas anugerah-anugerah besar dan rahasia-rahasia agung yang ada dalam kurma, agar ia menjadi pohon yang paling mulia? Sungguh, ia adalah pohon mukjizat yang menjadi bukti keagungan Sang Khalik.

Pohon kurma termasuk tanaman paling tua yang dikenal oleh manusia, meskipun mayoritas sejarawan berselisih pendapat seputar asal-usulnya. Sebagian mengatakan bahwa ia berasal dari sebelah barat India dan sebelah selatan Iran. Yang lain menemukan habitat aslinya di Babel-Irak, melalui penelitian-penelitian yang menunjukkan keberadaannya sejak 4000 tahun sebelum masehi.

Pohon kurma adalah pohon berbuah yang mengusung sejarah luhur d banyak Negara di dunia, karena ia dianggap sebagai tanaman tertua yang dikenal oleh manusia. Sejak dulu hingga sekarang ia menjadi sumber kehidupan.

Sejak masa lalu, penduduk negeri yang terletak diantara dua sengai (Tigris dan Eufrat) mengetahui bahwa pohon kurma terdiri dari jantan dan betina. Mereka menamakan yang jantan dengan fahl dan yang betina dengan nakhl.


Produk Toko Marwa:

1. Sari Kurma Ajwah

2. Buah Kurma Mesir

3. Manisan Buah Zaitun

Tidak ada komentar: